Sultra.Sultratoday.co.id – Dalam rangka meningkatkan Pelayanan Publik Kantor Wilayah (KanWil) Kementrian Hukum Dan HAM (KeMenKumHam) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), melauncing Situs Pengaduan ” Pojok Aspirasi”, launcing Inovasi terbaru ini dilaksanakan dalam kegiatan Coffe Morning Bersama Awak Media yang dilaksanakan dihalaman Kantor Kanwil Menkumham Sultra, Selasa, (19/10/2021).
Melalui Tema “Sinergitas Mewujudkan Pelayanan Publik yang semakin Pasti”, Inovasi ini dilakukan, dalam rangka guna melaksanakan Pembangunan Zona Integritas (ZI) untuk menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK),serta untuk membangun Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).
Kepala Kanwil Kemenkumham Sultra Silvester Sili Laba mengatakan, pelayanan pengaduan Publik secara online ini dilakukan guna menfasilitasi pengaduan baik itu informasi positif maupun informasi lainnya. Ia berharap wadah ini dapat menjadi ruang informasi bagi masyarakat khususnya diwilayah sultra.
” dari pada berpidato, kita bikin program aspirasi, kita fasilitasi, supaya bahasanya juga enak, tuntutannya kita bisa tangkap dengan baik, dan kita juga bisa memberikan respon dengan baik, nah ini maknanya kita buka sekalian program aspirasi,” ungkap Kepala Kanwil Sultra Silvester dalam sambutannya, Selasa,(19/10).
lebih lanjut, Silvester yang baru menjabat selama Tiga Bulan, berharap inovasi terbaru pelayanan publik secara Online ini dapat menjadi wadah informasi khususnya bagi awak media disultra.
“artinya kita terbuka, kalau ada yang kurang bagus kita beritakan, kebutuhan informasi masyarakat pada saat remisi, dan ini memang perlu diakses oleh seluruh masyarakat,” ujar Silvester yang juga pernah menjabat Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Menkumham diwilayah Propinsi Sumatera Utara.
lebih lanjut,dalam kesempatan ini, Ketua Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Sultra Mastri Susilo juga mengungkapkan inovasi ini diharapkan bukan hanya sebagai ruang informasi dan juga wadah pengaduan, tapi lebih terintegrasi sebagai rana untuk meningkatkan pelayanan khususnya dilingkup Kanwil Kemenkumham Sultra serta jajarannya.
“sehingga masyarakat bisa paham mengetahui inovasi inovasi dari pelayanan publik pojok aspirasi, responnya bisa dua, bisa respon positif bisa respon negatif.respon positif itu bisa digunakan untuk meningkatkan kembali inovasi yang sudah lebih baik, respon negatif bisa dilakukan untuk melakukan evalusai.dan apa yang sudah dilakukan dan masih kurang, sehingga itu dilakukan perbaikan perbaikan,” ujar Ketua ORI Sultra Mastri dalam keterangannya usai giat coffe morning, Selasa, (19/10).
Mastri menambahkan, pihaknya juga akan terus mengawal dan melakukan pendampingan, pelayanan ini diharapkan dapat meningkatkan great dalam membangun Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) khususnya dijajaran Kanwil Menkumham Sultra.
“sehingga itu bisa meningkatkan great pelayanan publik yang ada dikemenkumham dan jajarannya, dan masyarakat yang menjadi lokus pelayanan itu bisa puas dan memberikan respon positif terkait dengan apa yang dilakukan oleh kanwil dan jajarannya, saya kira pojok aspirasi ini menjadi satu titik tolak untuk menerima masukan kritik saran yang terkait dengan layanan yang sudah dilakukan,” ungkapnya.
“saya kira ombudsman mengapresiasi atas upaya yang dilakukan oleh kakanwil terhadap, dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik yang didalam jajaran kanwil menkumham propinsi sulawesi tenggara,” ujar Mastri pula.
Diketahui dalam kegiatan ini turut hadir, Kepala Ombudsman RI Mastri Susilo, Kakanwil Menkumham Sultra Silvester Sili Laba S.H., Kepala Divisi Administrasi Kortini JM Sihotang S.Sos,M.Si., Kepala Divisi Permasyarakatan Drs.H.Muslim,M.Si, Kepala Divisi Keimigrasian Ganda Samosir ,SH.MH., Kepala Pelayanan Hukum Dan HAM Maktub SH,M.H.
Selain itu, Kepala Kantor Imigrasi (Kanim) kelas I TPI Kendari Barlian Gunawan SH., Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Bau Bau Teguh Santoso SH., Kepala Kantor Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Waktobi Bapak Budi Darmawan, kepala Rutan ( Rumah Tahanan) Negara Kelas II A Kendari Iwan Mutmain, Serta Kepala Lapas (Kepala Lembaga Pemasyarakatan) Kelas II.A Kendari, Abdul Samad Dama